BERITA

Kegiatan Out Bound Effective Team Building STMIK-Mikroskil

Published: 2003-08-16

Kegiatan Out Bound yang berlangsung di Sibolangit berjalan dengan hasil yang sangat memuaskan yang diikuti oleh 106 peserta. Masing-masing peserta yang mengikuti Out Bound baik dari staf maupun mahasiswa STMIK-Mikroskil mengakui bahwa kegiatan Out Bound ini sangat bermanfaat untuk membentuk kepribadian yang tidak mementingkan kepentingan sendiri tetapi lebih mementingkan keberhasilan teamwork dan banyak lagi hal-hal baru yang diperoleh selama mengikuti Out Bound tersebut.

Ketua Yayasan Bina Pertiwi Bapak Irwanto dan Ketua BPH-BP STMIK- Mikroskil Ibu Tien Irawaty juga bergabung dengan staf dan mahasiswa STMIK-Mikroskil dalam kegiatan Out Bound sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat berharga bagi STMIK-Mikroskil.

Menjadi kebanggaaan bagi pihak STMIK-Mikroskil karena dengan terlaksananya kegiatan Out Bound ini, Mr. James Gwee, MBA dari Academia Consultant memilih STMIK-Mikroskil sebagai partner bisnis dalam menjalankan kegiatan Out Bound ini, sehingga untuk kegiatan Out Bound selanjutnya akan diselenggarakan kerjasama antara Academia Consultant dengan STMIK-Mikroskil. STMIK-Mikroskil akan mengadakan kegiatan Out Bound ke perusahaan-perusahaan.

Untuk pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang direncanakan pada bulan September 2003, akan menerapkan kegiatan Out Bound sehingga mahasiswa baru lebih matang dan lebih mandiri lagi, hal ini sangat mendukung mahasiswa tersebut dalam menunjang kegiatan proses belajar di STMIK-Mikroskil. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama di Perguruan Tinggi di Sumatera Utara yang melaksanakan kegiatan Out Bound dalam Penerimaan Mahasiswa Baru.

RANGKAIAN KEGIATAN OUT BOUND TRAINING SIBOLANGIT TANGGAL 9-10 AGUSTUS 2003
  • Bagi Kelompok, Tentukan Leader, dan Yell Kelompok
    Tujuan: supaya kelompok tim terbentuk dan adanya motivasi dari tiap anggota terhadap anggota lainnya dengan yell yang ada.
  • Touch The Ball
    Kegiatan: dimana setiap anggota tim harus menyentuh bola secara bersamaan dalam waktu sesingkat-singkatnya.
    Tujuan: menumbuhkan kekompakan.
  • Blind Couple
    Kegiatan: dimana setiap anggota tim memilih pasangannya masing-masing kemudian secara bergantian matanya ditutup dan pasangannya memberikan instruksinya dalam berjalan dalam rute tertentu.
    Tujuan:
    - Untuk menumbuhkan rasa saling percaya di antara pasangan.
    - Meningkatkan komunikasi di antara pasangan.
  • Pendaratan Darurat
    Kegiatan: dimana setiap anggota tim berada dalam suatu persegi yang diibaratkan sebagai kapal terbang yang akan meledak, oleh karena itu setiap anggota harus diselamatkan/keluar dari badan pesawat dengan menggunakan peralatan seadanya.
    Tujuan:
    - Mengembangkan kerjasama tim.
    - Mendidik bagaimana seseorang dapat melakukan tugas-tugasnya dengan menanggalkan ego masing-masing demi kepentingan bersama/tim.
  • Spider Web
    Kegiatan: dimana setiap anggota dari tim harus melewati jaring laba-laba tanpa menyentuh jaring tersebut, dan tidak boleh lebih dari 2 kali.
    Tujuan:
    - Menerapkan strategi yang tepat dalam mencapai suatu tujuan.
    - Meningkatkan kerjasama tim.
  • Pohon Roboh
    Kegiatan: dimana setiap anggota harus menjatuhkan tubuhnya ke bawah dengan posisi terbalik ke bawah, dan anggota tim lainnya menunggu/menampung di bawah.
    Tujuan: menumbuhkan rasa percaya terhadap sesama anggota tim, menggali kemampuan diri dalam mengambil keputusan yang beresiko secara benar, untuk kepentingan pribadi dan kelompok.
  • Loncat Tali Di Atas Pohon
    Tujuan: untuk menumbuhkan rasa percaya dan motivasi diri dalam mencapai suatu target atau tujuan, dengan rintangan yang harus dihadapi.
  • Pengendapan
    Kegiatan: dimana setiap anggota tim merenungkan apa yang telah mereka peroleh selama sehari bersama tim mereka dan apa yang mereka inginkan dalam kehidupan dengan cara mengeluarkan apa yang menjadi beban dan masalah yang selama ini terpendam di dalam hati.
    Tujaun:
    - Membangun mental setiap anggota.
    - Memberikan gambaran sifat mengenai pola prilaku Team Building, mengoreksi diri, dan memaafkan orang lain.
  • Jalan Gajah
    Tujuan: menciptakan kekompakan tim dalam mencapai suatu tujuan, menetapkan apa yang menjadi target kita dalam melakukan tugas.
  • Naga Mengamuk
    Tujuan:
    - Mampu melakukan improvisasi dan kerjasama secara tim dengan solid sehingga mampu mengatasi dan menyelesaikan tugas, baik itu pimpinan maupun bawahan.
    - Apapun posisi kita harus melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.
  • Mistery Game
    Tujuan:
    - Mencoba memecahkan suatu persoalan secara bersama.
    - Meningkatkan konsentrasi anggota tim.
    - Belajar dari kesalahan dan kegagalan orang lain, dalam pengambilan keputusan.
  • Pindah Kotak
    Tujuan:
    - Membentuk kolaborasi tim yang solid untuk melewati suatu tantangan, yang mana semakin lama tantangan tersebut semakin banyak.
    - Meningkatkan rasa rela berkorban antar anggota tim.
  • Balik Karpet
    Tujuan:
    - Menyusun strategi yang terbaik untuk mencapai suatu tujuan.
    - Mampu melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik.
  • Jalan Bambu
    Tujuan:
    - Menumbuhkan keyakinan diri dalam mencapai tujuan.
    - Meningkatkan konsentrasi dan keseriusan dalam mencapai tujuan.
    - Meningkatkan kepercayaan terhadap rekan kerja (partner).
  • Sapi Buta dan Gembala Bisu
    Tujuan:
    - Meningkatkan konsentrasi dalam menanggapi instruksi yang diberikan leader.
    - Melatih daya ingat, insting, atau perasaan.
    - Kemampuan leader mengambil keputusan (instruksi).
  • Pemberian Nilai Diri
    Tujuan:
    - Pengoreksian terhadap diri sendiri.
    - Memberikan penilaian terhadap orang lain, berdasarkan apa yang kita rasakan terhadap orang tersebut.