BERITA SI

Integrasi SAP Ke Dalam Kurikulum Program Studi S-1 Sistem Informasi

Published: 2014-02-05

Inovasi adalah suatu kata yang tidak akan lepas dari STMIK-STIE Mikroskil. Setiap tahun Mikroskil selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru guna meningkatkan mutu pendidikan. Kali ini Mikroskil menjalin kerja sama dengan perusahaan penghasil produk Enterprise Resource Planning (ERP), yaitu System Application and Product in Data Processing (SAP), untuk memasukkan materi SAP ke dalam kurikulum perkuliahan khusus bagi mahasiswa Jurusan/Program Studi S-1 Sistem Informasi serhingga mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai proses bisnis yang terintegrasi. Hal yang paling luar biasa lagi adalah Mikroskil menjadi perguruan tinggi pertama di Pulau Sumatera yang menandatangani MoU dan mengangkat SAP ke dalam kurikulum perkuliahannya.

Untuk menerapkan SAP ke dalam kurikulum perkuliahan bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Awalnya para dosen akan dilatih langsung oleh para trainer dari SAP dan dosen yang lulus sertifikasi SAP akan mengajarkan materi SAP kepada mahasiswa. Tim SAP juga akan memfasilitasi Mikroskil lewat koneksi ke server dan menyediakan modul untuk pelatihan SAP ini. Di akhir semester, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi SAP. Mahasiswa yang lulus ujian sertifikasi akan diberikan sertifikat internasional dari SAP sehingga meningkatkan nilai keahlian dan nilai jual lulusan. Selain itu, mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk memfokuskan karir sebagai key user SAP di perusahaan-perusahaan dalam maupun luar negeri serta memiliki kesempatan untuk melanjutkan karir sebagai seorang konsultan SAP.

Kuliah umum yang dilakukan pada Sabtu (18/1) di Hall Mikroskil diikuti oleh ±300 mahasiswa semester III Program Studi S-1 Sistem Informasi dan dibawakan oleh Bapak Hanry Darmawan Kumala, M.B.A. sebagai pembicara yang mewakili SAP Indonesia dan beliau mengupas habis tentang SAP. Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua STMIK Mikroskil yaitu Dr. Mimpin Ginting, M.S., kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum dengan topik “MIGRATING FROM LEGACY TO ERP SYSTEM", dan di akhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU STMIK Mikroskil dengan SAP Indonesia (SAP University Partnership Program (UPP)).