EVENT P3M

Workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) TA. 2012/2013

Published: 2012-09-20

Diumumkan kepada seluruh Mahasiswa STMIK – STIE Mikroskil untuk TA. 2012/2013 kembali Puslit & PPM Mikroskil (P3M) bekerjasama dengan Jurusan akan mengadakan Workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2013.
 
Tempat Pendaftaran:
Di ruangan Jurusan/Program Studi masing-masing dengan mengisi form pendaftaran yang sudah disediakan.
 
Syarat Pendaftaran :
Mahasiswa STMIK – STIE Mikroskil semua Jurusan yang akan mengikuti Semester 3 dan 5
 
Waktu Pelaksanaan: direncanakan Hari Sabtu, Tanggal 6 Oktober 2012
 
Panduan PKM 2012 sudah bisa diunduh disini : http://www.mikroskil.ac.id/portal/p3m/download/
 
Judul-judul PKM dari Mahasiswa Mikroskil yang sudah Lolos pada Tahun sebelumnya.
 
No.
JENIS PKM
JUDUL
1
PKM-K
MENGANGKAT PAMOR SI UBA (ULOS BATAK)
2
PKM-K
ALOHOMORA MAGIC BOX KREASIKU INSPIRASIKU
3
PKM-KC
GSM CREATES (CRIMINAL ALERT TECHNOLOGY SYSTEM)
4
PKM-KC
POLITIKUS (POLISI TIKUS)
5
PKM-KC
DOMTAR (DOMPET PINTAR) DALAM PENGELOLAAN PENGELUARAN
RUMAH TANGGA
6
PKM-KC
VIRTUAL FITTING ROOM TOKO PAKAIAN ONLINE
7
PKM-KC
"SMART RESTAURANT" RESTORANT PINTAR BERBASIS FULL APPLICATION
INSIDE
8
PKM-M
GIO (GREEN INOVATION WITH ECO-ENZYM) DAUR ULANG SAMPAH DAPUR
9
PKM-T
E-MBAK SHOES (E-COMMERCE SEPATU WANITA)
10
PKM-T
E-COMMERCE USAHA DESO BAR-LBE-QUA (BARANG-LABER-BERQUALITAS)
 
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA [PKM] 2012
Lulusan sebuah perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge,  skill of thinking, management skill dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme ke empatnya akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreativitas merupakan jelmaan integratif 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, pesepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini didanai oleh Dikjen DIKTI dan bagi proposal yang lolos akan mendapatkan dana maksimum sebesar Rp. 12.500.000 (dua belas juta lima ratus ribu rupiah).
 
PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.
 
PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni