Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada PT. Orion Cyber Internet

Eko Yuliawan, Fendi Nurrohman

Abstract


Perkembangan industrialisasi dan inovasi teknologi yang semakin pesat membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Hal ini memacu tiap perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan memberikan perhatian pada aspek sumber daya manusia. Selain penggunaan teknologi yang modern, perusahaan juga harus memperhatikan pengelolaan dan pengkoordinasian sumber daya manusia yang lebih baik agar terjalin hubungan yang sinergi antara perusahaan dengan karyawannya. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi,dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel intervening pada PT Orion Cyber Internet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analyst). Teknik pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel yakni berjumlah 70 responden. Berdasarkan hasil penelitian telah membuktikan secara empiris bahwa variabel kepuasan kerja memiliki kedudukan sebagai variabel intervening, dimana secara tidak langsung variabel lingkungan kerja, budaya organisasi, dan kompensasi mempengaruhi kinerja karyawan melalui kepuasan kerja.


Keywords


Budaya Organisasi, Kepuasan, Kinerja, Kompensasi, Lingkungan Kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v11i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)