Pengaruh Bauran Pemasaran dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus pada Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan)

Suci Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE-Mikroskil Medan). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 82 responden mahasiswa program studi Manajemen STIE-Mikroskil Medan pengguna produk smartphone samsung yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif. Pengujian secara parsial yaitu uji t menunjukkan bahwa variabel produk, promosi, dan gaya hidup konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Sedangkan variabel harga dan lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya hasil uji secara simultan atau uji F yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, dan gaya hidup konsume) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Adjusted r square menunjukkan bahwa kelima veriabel bebas dapat menjelaskan variasi terhadap variabel keputusan pembelian adalah sebesar 50.2% dan sisanya sebesar 49.8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Gaya Hidup Konsumen, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)