Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City

Rany Sugianto, Sugianta Ovinus Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas, dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian perumahan Medan Resort City yaitu sebanyak 483 konsumen. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan untuk menghitung jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 83 konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City. Secara simultan harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah pada perumahan Medan Resort City. Koefisien determinasi menunjukkan sebesar 38,9% dari variasi variabel dependen keputusan pembelian yang dapat dijelaskan oleh variabel independen harga, kualitas produk, lokasi, fasilitas dan promosi, sedangkan sisanya sebesar 61,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Keywords


Harga, Lokasi, Fasilitas, Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)