Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

H. Syamsul Bahri Surbakti, Windy Aginta

Abstract


Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari ukuran perusahaan, solvabilitas, Laba/ rugi perusahaan dan ukuran KAP terhadap Lamanya waktu penyelesaian audit (audit delay) pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2015, 2016 dan 2017.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan¢â?¬â??perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian merupakan data sekunder diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (www. idx.co.id) dan ICMD tahun 2015-2017. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi linear berganda (Multiple Regression Model), dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, laba rugi dan ukuran KAP secara parsial tidak berpengaruh terhadap audit delay. Sementara solvabilitas memiliki pengaruh tergadap audit delay. Namun secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, solvabilitas, laba rugi dan ukuran KAP berpengaruh terhadap audit delay.


Keywords


solvabilitas, laba rugi, audit delay

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jwem.v9i2.657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JWEM is indexed in:

         
            


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)