PENGEMBANGAN USAHA ANEKA KRIPIK DAN KERUPUK DI KELURAHAN TANAH ENAM RATUS KECAMATAN MEDAN MARELAN

Fivi Rahmatus Sofiyah, Yulinda Yulinda, Marhayanie Marhayanie, Setri Hiyanti Siregar

Abstract


Persaingan dunia bisnis semakin ketat, pelaku usaha harus menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan agar usaha dapat berkembang, kesiapan diri untuk aktif, kreatif dan inovatif sangat dituntut dalam menjalankan usaha.

Dalam kegiatan ini ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mitra yaitu kendala produksi, kemasan, merek (brand awareness) dan pemasaran promosi dan mitra tidak memiliki laporan keuangan usaha. Kendala produksi adalah masih sangat terbatas jumlah produksi disebabkan karena alat produksi yang digunakan sangat terbatas dan belum memadai, kendala dari aspek kemasan adalah kemesan yang digunakan masih hanya menggunakan plastik biasa dan menggunakan klip sehingga tampilan sangat sederhana, kendala dari sisi merek mitra tidak memiliki indentitas, sehingga ketika konsumen mau membeli lagi tidak tahu merek dan alamat si penjual,

Kendala dari aspek pemasaran adalah sangat terbatasnya lokasi pemasaran, mitra merupakan golongan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan biasanya belum mempunyai kanal distribusi produk yang luas. Mitra mendistribusikan produknya hanya ke lingkungan sekitar rumahnya, kendala promosi. Promosi hanya dari mulut kemulut perubahan zaman menuntut perubahan jangkauan pasar yang lebih luas harus during/online, dan unuk laporan keuangan mitra tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai pentingnya memisahkan uang usaha dengan uang pribadi untuk keberlanjutan usaha.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah produksi mitra dan memperbaiki kualitas kemasan produk. Dimana kedepannya diharapkan dapat memasuki pasar sasaran yang baru yang lebih luas dan lebih baik. Kondisi ini nantinya akan berdampak pada pengembangan usaha dan peningkatan pendapatan mitra dan juga akan berdampak pada perekrutan tenaga kerja di masyarakat sekitar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND