BRAND ENDORSE DAN JINGLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA DI SMK SWASTA TELADAN SUMUT

Ayu Stifanni, Muhammad Umar Maya Putra

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat persaingan sehingga berdampak pada pangsa pasar Honda dengan para kompetitornya, kompetisi artis atau selebritis dalam memasarkan produk sepeda motor yang ada di Indonesia serta kompetisi jingle diantara para pelaku bisnis sepeda motor. Populasi dalam penelitian yaitu siswa/I pada SMK Swasta Teladan Sumut 1. Sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisis regresi bergenda yaitu Keputusan Pembelian = 6,979 + 0,432Brand Endorse + 0,261Jingle+ e yang menjukkan brand endorse dan jingle berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa brand endorse berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana dapat dilihat nilai t hitung 5,885> t tabel 2,005 serta variabel jingle juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana dapat dilihat nilai t hitung 4,715 > t tabel 2,005. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi (R2) sebesar 0,750, artinya secara bersama-sama brand endorse dan jingle terhadap keputusan pembelian pada SMK Swasta Teladan Sumut 1 memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif.  Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,546 (54,6%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 54,6% variasi variabel terikat yaitu brand endorse dan jingle pada model memiliki kontribusi pada keputusan pembelian pada SMK Swasta Teladan Sumut 1  sedangkan sisanya sebesar 45,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.


Keywords


brand endorse, jingle, keputusan pembelian

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND