ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MENURUT KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Andreani Caroline Barus, Juliana Kosasi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh upah minimum, jumlah penduduk dan produk domestik regional bruto terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan menurut kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Sumatera Utara tahun 2009-2013 dan jumlah sampel yang digunakan adalah 29 Kabupaten dan Kota, yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upah minimum, jumlah penduduk, dan produk domestik regional bruto berpengaruh secara simultan dan secara parsial, jumlah penduduk dan produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan positif sedangkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) berpengaruh signifikan negatif terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.


Keywords


Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), Jumlah Penduduk dan Produk Domestik Regional Bruto.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND