PENGARUH PROMOSI WISATA BAHARI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI PELABUHAN MUNCAR BANYUWANGI

Estu Handayani, Mohamad Dedi

Abstract


Pelabuhan Muncar salah satu pelabuhan besar yang ada di Jawa Timur, merupakan salah satu pelabuhan penggerak ekonomi kelautan yang sangat diperhitungkan, khususnya di Kabupaten Banyuwangi. Pelabuhan ini juga merupakan paket pariwisata yang dapat mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat, yakni secara ekonomi, sosial dan budaya. Sehingga diperlukan  penanganan dalam proses pengembangannya agar tidak menimbulkan permasalahan bagi masyarakat dan lingkungan.

Tujuan penelitian ini untuk  melihat seberapa besar pengaruh promosi wisata bahari dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke pelabuhan Muncar. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksplanatif kuantitatif yang sifatnya penjelasan / eksplanatif  dengan cara pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan pengujian validitas & realibilitas data, selanjutnya dilakukan pengecekan dengan asumsi klasik dan Analisa inti dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pelabuhan Muncar. Dari hasil uji analisis korelasi dimensi didapatkan hasil bahwa dimensi empati pada variabel kualitas pelayanan memiliki korelasi sangat kuat terhadap dimensi kepuasan pada variabel peningkatan jumlah kunjungan. Variabel promosi mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap variabel peningkatan jumlah kunjungan, berarti kualitas pelayanan sangat diharuskan dalam upaya meingkatkan jumlah kunjungan pada  tempat wisata.



Keywords


Promosi, Kualitas Pelayanan, Jumlah Kunjungan, Pelabuhan Muncar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND