Mengukur Loyalitas Pelanggan Pada Brastagi Supermarket (Jl Gatot Subroto Medan)

Eko Yuliawan, William Cuaca

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Brastagi Supermarket. Pada penelitian ini data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan memenuhi uji asumsi klasik seperti uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Brastasgasi supermarket sebanyak 15.000 Orang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, adapun sampel sebanyak 99 Orang.  Hasil penelitian menunjukan variabel keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan baik secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai  = 33.013 >= 2,14 dan nilai signifikan sebesar 0.000< 0.1 dan secara parsial variabel keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana  = 4,139> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.005< 0.1. variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai  = 2,554> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.012< 0.1, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positf dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dimana nilai nilai  = 6,060> = 1,66 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000< 0.1. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan sebesar 45.5% hal ini variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variaabel keragaman produk, kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan.


Keywords


Loyalitas, Kepuasan Pelanggan, Keragaman Produk, Pelayanan

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND