Model Penawaran Agregat dan Fungsi Kerugian terhadap Perekonomian Sumatera Utara

Muhammad Umar Maya Putra, Ami Dilham

Abstract


Penawaran agregat (aggregate supply, AS) adalah hubungan antara jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dan tingkat harga. Karena Perusahaan yang menawarkan barang dan jasa memiliki harga yang fleksibel dalam jangka panjang tetapi harga kaku dalam jangka pendek, hubungan penawaran agregat bergantung pada horizon waktu. Kita perlu membahas dua kurva penawaran agregat yang berbeda. Kurva penawaran agregat jangka panjang (long run aggregate supply) LRAS dan kurva penawaran  agregat jangka pendek (short run aggregate supply) SRAS. Kita perlu membahas bagaimana perekonomian melakukan transisi dari jangka pendek ke jangka panjang [5].

Guncangan penawaran pada perekonomian yang bisa mengubah biaya produksi barang serta jasa dan akibatnya, mempengaruhi harga yang dibebankan perusahaan kepada konsumen [5].

Guncangan yang terjadi dengan penawaran ini merupakan suatu fungsi kerugian yang akan terjadi dan bisa diaktualisasikan dengan kejadian yang terjadi di dalam masyarakat seperti hama yang mengancurkan, undang-undang perlindungan lingkungan baru, kenaikan agresivitas serikat pekerja, organisasi kartel minyak internasional.


Keywords


Penawaran Agregat, Fungsi Kerugian

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND