Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Perusahaan Consumer Goods di Bursa Efek Indonesia

Danta Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh harga saham, laba bersih, jumlah saham beredar, dan dividen terhadap Price Earning Ratio (PER). Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2007-2011, berjumlah 33 perusahaan. Dengan teknik purposive sampling, diperoleh sebanyak 13 perusahaan yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan audit dan publikasi Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan pengujian analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan, harga saham, laba bersih, jumlah saham beredar, dan dividen berpengaruh signifikan terhadap PER. Sedangkan secara parsial,  hanya jumlah saham beredar dan deviden berpengaruh terhadap PER, sedangkan harga saham dan laba bersih tidak berpengaruh signifikan terhadap PER.


Keywords


price earning ratio, harga saham, laba bersih, jumlah saham beredar, dividen

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND