Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah yang akan diterbitkan dalam Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil (JWEM) harus memenuhi ketentuan dan belum pernah diterbitkan di dalam / luar negeri. Pengetikan naskah dilakukan dengan jarak 1 spasi, jenis huruf Times New Roman ukuran 11 pt, diketik pada kertas A4 dengan jarak margin atas (3 cm), bawah (2 cm), kiri (3 cm) dan kanan (2 cm). Jumlah halaman artikel maksimal 15 halaman. Sebelum melakukan submit naskah pada OJS, penulis disarankan untuk melakukan pemeriksaan plagiarism dengan menggunakan aplikasi Plagiarism Checker X Pro (memeriksa isi keseluruhan naskah, bukan dibatasi pada beberapa kosa kata saja). Tingkat kemiripan sebesar 20% atau lebih rendah dianggap dapat diterima. Khusus untuk artikel dan abstrak berbahasa inggris, dapat dicek tata bahasanya dengan aplikasi Grammarly. Penulisan naskah penelitian dapat disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut:

  1. Judul, memberikan gambaran mengenai penelitian yang telah dilakukan. Variabel-variabel penelitian dan hubungan antar variabel tersebut serta informasi yang dianggap penting (misalnya metode yang digunakan) hendaknya terlihat dalam judul artikel. Jika judul menggunakan Bahasa Indonesia, panjang judul artikel dibatasi 5 – 16 kata. Jika judul menggunakan Bahasa Inggris, panjang judul artikel dibatasi 5 – 14 kata. Judul ditulis dengan ukuran font 18 pt dan UPPERCASE/CAPITAL LETTER serta ditulis di tengah (Center).
  2. Nama Penulis/Peneliti, ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun dan diletakkan di bawah judul penelitian. Nama peneliti kedua dan seterusnya dituliskan ke samping. Di bawah nama peneliti diletakkan nama institusi/afiliasi tempat bekerja peneliti dan di bawah institusi dituliskan alamat e-mail masing-masing peneliti.
  3. Abstrak dan Kata Kunci, ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Penekanan abstrak terutama diberikan pada hasil penelitian. Panjang abstrak dibatasi antara 150 – 200 kata. Abstrak dilengkapi dengan kata-kata kunci (3 – 5 kata). Abstrak dalam Bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring (italic).
  4. Pendahuluan, berisi (1) latar belakang permasalahan, (2) wawasan / rencana pemecahan masalah, (3) tujuan penelitian dan kontribusi penelitian, dan (4) ruang lingkup penelitian.
  5. Tinjauan Pustaka dan Perumusan Hipotesis, berisi teori-teori yang berkaitan dengan penelitian secara lugas serta perumusan hipotesis (jika ada) yang bersumber dari berbagai sumber publikasi ilmiah dengan tingkat kemutakhiran 5 tahun terakhir.
  6. Metode Penelitian, menguraikan bagaimana penelitian dilakukan, yang merupakan uraian langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan penelitian. Pada bagian ini biasanya berisi perhitungan populasi dan prosedur pengambilan sampel, definisi operasional dan pengukuran variabel, metode pengumpulan data, dan metode analisis yang digunakan.
  7. Hasil dan Pembahasan, menyajikan karakteristik sampel dan hasil analisis data yang terdiri dari statistik deskriptif, pengujian hipotesis, diskusi hasil, dan generalisasi hasil temuan. Penyampaian hasil penelitian dapat dibantu dengan pemakaian gambar, tabel, grafik, kurva, atau bentuk / format komunikasi lain. Gambar dan tabel harus dibahas dalam naskah. Jika penyajian cukup panjang dapat dibagi dalam beberapa sub bagian.
  8. Kesimpulan, menyajikan intisari mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Kesimpulan dapat berupa paragraf, maupun berbentuk poin-poin dengan menggunakan numbering.
  9. Keterbatasan Penelitian dan Saran, berisi keterbatasan, kekurangan, kesulitan, temuan yang belum diteliti dan berbagai kemungkinan lainnya serta saran-saran berupa usulan untuk penelitian selanjutnya (future works). Tidak memuat saran-saran diluar untuk penelitian lanjut.
  10. Ucapan Terima Kasih (jika ada), Penulis mengucapkan terima kasih kepada orang/institusi/lembaga yang telah memberi dukungan finansial terhadap penelitian ini.
  11. Daftar Pustaka, ditulis dengan menggunakan pedoman umum yang memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan naskah. Gunakan pengelola pustaka Mendeley, Zotero, ataupun EndNote untuk menulis kutikan atau sitasi dan daftar pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi pada naskah menggunakan style APA (American Psychological Association).
  12. Lampiran, (jika ada).

Template/Format JWEM bisa diunduh disini

Periksa tata bahasa naskah (khusus Bahasa Inggris) anda menggunakan aplikasi

Periksa tingkat plagiarisme naskah anda menggunakan aplikasi

1. Judul, memberikan gambaran mengenai penelitian yang telah dilakukan. Variabel-variabel penelitian dan hubungan antar variabel tersebut serta informasi yang dianggap penting (misalnya metode / algoritma yang digunakan) hendaknya terlihat dalam judul artikel. Jika judul menggunakan Bahasa Indonesia, panjang judul artikel dibatasi 5 – 12 kata. Jika judul menggunakan Bahasa Inggris, panjang judul artikel dibatasi 5 – 10 kata. Judul ditulis dengan ukuran font 18 dan CAPITAL LETTER serta ditulis di tengah (Center)

2. Nama Penulis/Peneliti, ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun dan diletakkan di bawah judul penelitian dituliskan nama peneliti (Tuliskan ke samping untuk peneliti kedua dan seterusnya). Di bawah nama peneliti diletakkan institusi tempat bekerja peneliti dan di bawah institusi dituliskan alamat e-mail masing-masing peneliti. Nama lengkap dengan gelar akademik masing-masing peneliti dituliskan sebagai catatan kaki di halaman 1 dari artikel.

3. Abstrak dan Kata-kata Kunci, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Penekanan abstrak terutama diberikan pada hasil penelitian. Panjang abstrak dibatasi antara 150 – 200 kata. Abstrak dilengkapi dengan kata-kata kunci (3 – 5 buah) yang ditulis dengan cetak miring (italic).

4. Pendahuluan, berisi (1) permasalahan penelitian, (2) wawasan / rencana pemecahan masalah, (3) tujuan penelitian dan kontribusi penelitian dan (4) ruang lingkup penelitian.

5. Kajian Pustaka, berisi teori-teori yang mendukung artikel penelitian yang bersumber dari jurnal-jurnal ilmiah dengan tingkat kemutakhiran 5 tahun terakhir.

6. Metodologi Penelitian, menguraikan bagaimana penelitian dilakukan, yang merupakan uraian langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan penelitian. Materi pokok pada bagian ini adalah: (1) kajian pustaka (kajian teoritis yang mendukung penelitian), (2) uraian masalah atau rancangan / desain penelitian, (3) prosedur (boleh dalam bentuk pseudocode, flowchart atau model sistem), (4) rancangan sistem, dan (5) rancangan pengujian. Sub-sub bagian tersebut umumnya disampaikan dengan memberikan penomoran bertingkat (kalau diperlukan).

7. Hasil Penelitian dan Pembahasan, memuat hasil penelitian dan pembahasan atas hasil yang diperoleh yang menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Penyampaian hasil penelitian dapat dibantu dengan pemakaian tabel, grafik atau bentuk / format komunikasi lain. Grafik dan tabel harus dibahas dalam tubuh artikel. Jika penyajian cukup panjang dapat dibagi dalam beberapa sub bagian.

8. Kesimpulan, menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil penelitian dan pembahasan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dikembangkan pokok-pokok pikiran (baru) yang merupakan esensi dari temuan penelitian.

9. Saran, saran-saran untuk untuk penelitian lebih lanjut untuk menutup kekurangan penelitian. Tidak memuat saran-saran diluar untuk penelitian lanjut.

10. Ucapan Terima Kasih (optional), Penulis mengucapkan terima kasih kepada xxx yang telah memberi dukungan financial terhadap penelitian ini.

11. Daftar Pustaka, Ditulis dengan menggunakan pedoman umum yang memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel. Sitasi (rujukan) pada artikel mengacu pada sistem Vancouver (menggunakan cara penomoran yang berurutan / menggunakan kurung siku pada nomor).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dikirimkan merupakan naskah original, tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal/konferensi/prosiding manapun.
  2. Pengiriman naskah dalam format OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Semua karya yang dikutip telah disebutkan di bagian referensi.
  4. Naskah ditulis dan disusun berdasarkan Template yang sudah disediakan, dengan jarak pengetikan 1 spasi, jenis huruf Times New Roman ukuran 11 pt, diketik pada kertas A4 dan jumlah halaman naskah maksimal 15 halaman. Khusus untuk artikel dan abstrak berbahasa inggris, dapat dicek tata bahasanya dengan aplikasi Grammarly.
  5. Kutipan dan daftar pustaka naskah ditulis menggunakan aplikasi Mendeley Reference Manager.
  6. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Author Guidelines.
  7. Naskah yang dikirimkan untuk ditinjau secara peer-review, telah mengikuti instruksi pada Ensuring a Blind Review.
  8. Penulis/pemakalah menjunjung tinggi hak cipta, privasi, dan etika publikasi ilmiah yang terkait dengan publikasi naskah ini.
 

Copyright Notice

Copyright © 2022 Mikroskil

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 07.L2
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JWEM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND