Aplikasi Travelling Salesman Problem dengan Metode Artificial Bee Colony

Andri Andri, Suyandi Suyandi, Win Win

Abstract


Pada saat ini Travelling Salesman Problem (TSP) dikenal sebagai salah satu permasalahan optimasi klasik yang berat untuk dipecahkan secara konvensional. TSP melibatkan seorang travelling salesman yang harus melakukan kunjungan ke sejumlah kota dalam menjajakan produknya. Rangkaian kota-kota yang dikunjungi harus membentuk suatu jalur sedemikian sehingga kota-kota tersebut hanya boleh dilewati tepat satu kali dan kemudian kembali lagi ke kota awal.

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi TSP dengan algoritma Artificial Bee Colony dengan bahasa pemrograman Visual Basic 2008. Model graf yang digunakan adalah graf tidak berarah dan berbobot (simetris). Masukan program berupa jumlah kota (N), jumlah koloni, parameter α (alpha), β (beta) dan jumlah iterasi.

Keluaran program berupa panjang rute terpendek, proses perhitungan, grafik dan rute yang berbentuk graf. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini berupa masukan beberapa parameter dengan nilai bervariasi seperti jumlah koloni, jumlah iterasi, K (faktor scalar), λ (lamda), α (Alpha) dan β (Beta). Hasil pengujian menunjukkan besarnya parameter yang diinput akan berdampak semakin optimal panjang jalur yang diperoleh. Aplikasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan kasus seorang salesman dalam mencari rute terpendek.

Keywords


Travelling Salesman Problem, Artificial Bee Colony, Rute Terpendek

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.