Analisis Perbandingan QOS Layanan Ethernet, Frame Relay, dan ATM Over MPLS pada Jaringan Backbone

Wi'i Setiyadi, R Rumani M, Sholekan Sholekan

Abstract


Kebutuhan perusahaan dalam membangun jaringan internal antara kantor pusat dengan kantor cabangnya dan antara kantor cabang lainnya membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal, VPN memberikan solusi untuk permasalahan infrastruktur tersebut dengan melewati jaringan publik. VPN adalah layanan yang mungkinkan untuk mengakses jaringan internal kantor melalu jaringan yang bisa di akses dengan mudah seperti internet.

Teknologi AToM saat ini sudah mulai digunakan oleh para penyedia layanan yang memiliki jaringan yang luas. Penelitian ini, mengimplementasikan teknologi AToM dalam jaringan yang kecil dengan menggunakan software GNS3. Hasil dari implementasi ini memberikan gambaran perbandingan QoS antara MPLS-Frame relay, MPLS-ATM, dan MPLS-Ethernet.

Dalam penelitian ini disimulasikan jaringan Ethernet over MPLS Frame Rely over MPLS dan ATM over MPLS dengan menggunakan simulator GNS 3. Parameter yang diukur meliputi QoS, delay, jitter dan packet loss. Hasil simulasi menunjukan ATM over MPLS secara keseluruhan memiliki QoS lebih baik dari teknologi lainnya. Dalam simulasi terlihat nilai dari throughput, delay, dan jitter turun sejalan dengan background traffic yang lebih besar.

Keywords


AToM, QoS, delay, jitter, troughput, packet lost

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.