Evaluasi Pengalaman Mahasiswa Mikroskil pada Aplikasi OneDrive Menggunakan UEQ

Muhammad Aditya Pebrialdy Arswanda, Calvin Caesar, Jevon Sihombing, Andri Andri, Albert Prima Laia

Abstract


Cloud storage adalah layanan penyimpanan data berbasis online yang dapat diakses dengan menggunakan berbagai platform. Salah satu layanan cloud storage yang tersedia yaitu aplikasi OneDrive. Aplikasi yang baik tentunya harus memenuhi kebutuhan dari pengguna, sehingga perlu dilakukan identifikasi masalah terhadap pengalaman pengguna menggunakan kuesioner. Hasil dari identifikasi masalah dimana 44.9% (49 responden) mahasiswa Mikroskil menyatakan aplikasi OneDrive memiliki menu yang membingungkan serta fitur uploading data yang lambat. Terkadang error terjadi ketika melakukan proses uploading dan menyinkronkan berkas ke server serta penyimpanan yang disediakan secara gratis hanya 5GB. Berdasarkan hasil dari identifikasi masalah, evaluasi pengalaman pengguna perlu dilakukan dengan User Experience Questionnaire (UEQ). Metode ini memiliki 6 skala penilaian yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Dari hasil perbandingan antara evaluasi penelitian ini dengan data benchmark dari UEQ Data Analysis Tool versi 10 maka aplikasi OneDrive memberikan impresi yang cukup baik dari segi daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan dan stimulasi saat pengguna memanfaatkannya. Tetapi pengalaman pengguna terasa kurang impresif pada aspek kebaruan.

Keywords


Cloud Storage, OneDrive, User Experience Questionnaire

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSM is indexed in:

        
         

Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JSM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)