Aplikasi Media Pembelajaran Morfologi Bunga Berbasis Augmented Reality

Michel Wijaya, Stephen Leo, Nico Pratama Putra, Gunawan Gunawan, Irpan Adiputra Pardosi

Abstract


Biologi merupakan salah satu bidang ilmu dalam kurikulum pendidikan tingkat SMA dengan banyak istilah yang sulit dipahami oleh siswa, terutama pada topik mengenai bagian-bagian tumbuhan seperti bunga, hal ini disebabkan adanya perbedaan kondisi fisik saat diamati sehingga siswa mendapatkan gambaran yang berbeda. Selain itu, guru di sekolah masih hanya menggunakan metode dalam pengajarannya dengan menjelaskan materi kemudian siswa mengerjakan soal, jadi lebih berfokus ke penghafalan.

Dalam penelitian ini pengenalan bagian-bagian bunga diimplementasikan menjadi aplikasi berbasis mobile dan web yang dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menjabarkan bagian dari bunga berbasis Augmented Reality (AR). Aplikasi mobile yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan C#, sedangkan aplikasi web menggunakan CodeIgniter sebagai back-end dan Bootstrap sebagai front-end.

Dari hasil pengujian sistem didapatkan aplikasi pembelajaran morfologi bunga berbasis augmented reality dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami bagian-bagian bunga beserta nama dan fungsinya, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi mengenai bagian-bagian bunga.


Keywords


Aplikasi Media Pembelajaran Morfologi Bunga, Augmented Reality, Biologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55601/jsm.v22i2.811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JSM is indexed in:

        
         

Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Universitas Mikroskil
Jl. Thamrin No. 124 Medan - 20212
Gedung A. 03.L3
Telp. 061-4573767
Email: publication@mikroskil.ac.id

Creative Commons License

The JSM site and its metadata are licensed under a Creative Commons Attribution - NonCommercial - NoDerivs 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)