PERBAIKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH SERTIFIKASI SAP, STUDI KASUS: PROGRAM STUDI S-1 SISTEM INFORMASI STMIK MIKROSKIL

Gunawan Ganda

Abstract


Program sertifikasi SAP sebagai bagian dari kurikulum Program Studi S-1 Sistem Informasi telah diimplementasikan selama dua tahun akademik pada STMIK Mikroskil. Beberapa kendala di dalam pelaksanaannya yang perlu mendapat perhatian telah didapatkan melalui evaluasi yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan program sertifikasi ini, serta mencoba untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran mata kuliah SAP. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan model sistem informasi, yaitu Technology Acceptance Model (TAM). Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan satu variabel eksternal berpengaruh secara langsung dan tidak langsung, satu variabel eksternal tidak berpengaruh secara langsung dan tidak langsung, serta satu variabel eksternal berpengaruh secara tidak langsung.


Keywords


TAM, SAP, analisis jalur

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The JSM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND