IMPLEMENTASI SKEMA TANDA TANGAN FORWARD SECURE SEQUENTIAL AGGREGATE PRAKTIS

Ronsen Purba

Abstract


Skema forward secure sequential aggregate (FssAgg) signature memungkinkan seorang penandatangan menggabungkan tanda tangan secara sekuensial yang dihasilkan dalam interval waktu berbeda (dengan kunci yang berbeda) ke dalam satu akun  tunggal dengan ukuran yang konstan. Skema ini memberikan keamanan maju (forward security), efisiensi penyimpanan / komunikasi serta integritas menyeluruh dari pesan yang ditandatangani.

Pada skema FssAgg, verifier menggunakan sebuah kunci publik tunggal untuk memverifikasi keseluruhan tanda tangan (aggregate signature). Namun, kebanyakan skema FssAgg signature yang ada tidak verifier-friendly. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diterapkan skema practical forward secure sequential aggregate signature. Skema ini memiliki operasi yang dipecahkan menjadi beberapa interval, dimana setiap interval menggunakan sebuah kunci privat berbeda (namun berhubungan) untuk menandatangani pesan.

Penelitian ini membangun sebuah perangkat lunak sebagai implementasi skema forward signature terhadap pesan dengan menggunakan skema forward sequential aggregate signature yang didasarkan pada penelitian oleh Di Ma [12] dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan skema tersebut, sehingga dapat diketahui kemungkinan skema tersebut diaplikasikan dalam dunia nyata, misalnya dalam online voting. Hasil pengujian menunjukkan kemampuan skema dalam menahan berbagai jenis kecurangan yang baik.


Keywords


forward sequential aggregate signature, forward security, signer, verifier

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
The JSM site and its metadata are licensed under CC BY-NC-ND