IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI RAID PADA DATA STORAGE INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) CLOUD COMPUTING..

Delvia Santi, Rumani Mangkudjaja, Yudha Purwanto

Abstract


Dalam rangka untuk memaksimalkan utilisasi hardware server, dapat digunakan teknologi cloud computing. Teknologi ini, memungkinkan utilisasi yang tidak terpakai dapat digunakan untuk beberapa virtual server lainnya.

Dengan media penyimpanan cloud computing yang sangat besar, kemungkinan terjadinya kesalahan atau kegagalan menjadi tinggi, karena banyaknya data yang akan disimpan atau diproses. Akibatnya, kinerja (performansi) disk pun menjadi menurun. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja (performansi) disk adalah dengan menggunakan RAID (Redundant Array of Independent Disk).

Dengan diterapkannya RAID pada data storage Infrastructure as a Service (IaaS) Cloud Computing, dari sisi performansi, RAID 0 dapat meningkatkan kecepatan baca sebesar 11.13% dan kecepatan tulis sebesar 23.35%, dibandingkan dengan tanpa RAID. Sedangkan untuk nilai IOPS (Input-Output Operation Per Second) terjadi peningkatan sebesar 74.80% pada saat sebelum resource digunakan oleh instance dan 80.89% pada saat setelah resource digunakan oleh instance, dibandingkan dengan tanpa RAID.


Keywords


IaaS; Cloud Computing; RAID; performansi; IOPS

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.