POLA TRANSMISI PAKET DATA SEDERHANA UNTUK MEMINIMALISASI DAYA PANCAR PADA JARINGAN WIRELESS MELALUI KANAL FADING NON-SELECTIVE

Gusti Ngurah Suardika Jaya, Rumani Mangkudjaja, Ida Wahidah

Abstract


Pada penelitian ini, disimulasikan perbandingan dua metoda pola transmisi paket data pada kanal fading non selective pada jaringan wireless yang bertujuan untuk mendapatkan daya transmisi paket yang minimal dengan batasan delay dan packet loss.

Pada transmitter terdapat sebuah server yang mengatur jumlah paket yang diambil dari buffer transmitter dan jumlah paket yang dikirim dengan metoda pola transmisi dan mengirimkannya dengan daya tertentudengan mengacu pada batasan delay dan packet loss. Dalam kedua metoda digunakan sebuah aturan daya transmisi minimal yang optimal dengan batasan delay dan packet loss yang disesuaikan untuk setiap state kanal. Pada aturan Optimal dipakai tiga threshold t1, t2, t3 sebagai parameter kontrol untuk jumlah paket yang diambil dari buffer dan ditransmisikan ke penerima. Sedangkan aturan Suboptimal berdasarkan pada tiga parameter kontrol, yaitu threshold kondidi kanal ha, threshold laju transmisi ra dan threshold ukuran buffer transmisi.

Dari simulasi didapatkan bahwa daya minimal rata-rata untuk transmisi paket yang optimal dengan aturan Suboptimal mendekati aturan Optimal dan memenuhi batasan delay dan packet loss yang diijinkan.


Keywords


fading non selective, buffer, delay, packet loss

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.